FAKTOR MASYARAKAT LEBIH MEMILIH ASURANSI KONVENSIONAL DARIPADA ASURANSI SYARI’AH
Abstract
Faktor masyarakat lebih memilih asuransi konvensional dibanding takaful, namanya berasal dari data yang diperoleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan aset asuransi konvensional lebih besar dari aset takaful. Hal ini menunjukkan bahwa asuransi konvensional memiliki lebih banyak nasabah dibandingkan dengan asuransi takaful. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat terhadap asuransi tradisional dan mengedukasi masyarakat tentang asuransi khususnya asuransi syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan deskriptif. Dua teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan penelitian dokumen. Sedangkan analisis data yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka akan diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yakni, ada tiga faktor masyarakat lebih memilih asuransi konvensional daripada asuransi syari’ah. Pertama, minimnya pengetahuan masyarakat tentang asuransi syari’ah. Kedua, marketing asuransi konvensional lebih baik. Ketiga, asuransi syariah belum bisa dipercaya oleh masyarakat.
ABSTRACT
The factor that makes people prefer conventional insurance over takaful comes from data from the Financial Services Authority (OJK), which shows that conventional insurance assets are larger than takaful assets. This shows that conventional insurance has more customers than Islamic insurance. The purpose of this study is to identify factors that influence people's preference for traditional insurance and to educate the general public about insurance, especially takaful insurance. The methods used in this study are qualitative and descriptive. The two data collection techniques used were interview techniques and document research. While processing and analyzing data obtained from interviews and literature using qualitative descriptive methods. As a result of this study, there are three reasons why people prefer traditional insurance over Shariah insurance.
Downloads
References
Azizah, I. M. U. K. (2019). Studi Komparasi Asuransi Syari’ah Dengan Asuransi Konvensional. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 4(1), 56–69.
Farma, J., & Umuri, K. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 19–29. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3268
Hanafi, & Agustina, L. A. (2021). Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan Produk dan Promosi terhadap Minat Masyarakat dalam Berasuransi Syari’ah (Studi Pada Desa Kabandungan Kabupaten Sukabumi). Jurnal Syar’insurance (SIJAS), 7(1), 11–24
Hariyadi, E., & Triyanto, A. (2020). Peran Agen Asuransi Syari’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Asuransi Syari’ah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 5(1), 19–38. https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.164.
Hariyono, M., & Harjianto. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) di MAN 3 Banyuwangi. JPPKn, 5(1), 1–7.
Hasbi, H., & Suryawardani, B. (2013). Sistem Peringatan Dini Sebagai Pendukung Kinerja Perusahaan Asuransi Syari’ah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 17(2), 243–252.
Jairin, J. (2020). Kajian System Kinerja Keuangan (Operating Financial System) Pada Asuransi Syari’Ah Dan Asuransi Konvensional Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 171–189. https://doi.org/10.31538/iijse.v2i2.514.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Leliya, & kurniasari, M. (2004). Minat Masyarakat Berasuransi Syari’ah di Asuransi Prudential. 1–16.
Marimin, A. (2019). Maqashid Kajian Asuransi Syari’ah. Jurnal Education and Economics (JEE), 02(03), 261–269.
Miftakhul Jannah, D., Nugroho, L., Padjadjaran, U., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, F. (n.d.). Strategi Meningkatkan Eksistensi Asuransi Syari’ah di Indonesia. 8(1).
Muhammad, S. (2022). Asuransi Syari’ah di Indonesia (Studi Tentang Peluang ke Depan Industri Asuransi Syari’ah). Jurnal Al Syirkah (Jurnal Ekonomi Syari’ah), 3(1), 37–40.
Priyatno, P. D., Sari, L. P., & Atiah, I. N. (2020). Penerapan Maqashid Syari’ah pada Mekanisme Asuransi Syari’ah. In Penerapan Maqashid Syari’ah pada Mekanisme Asuransi Syari’ah | (Vol. 1, Issue 1).
Sastri I, Sujana E, S. N. (2017). Pengaruh pendapatan premi, hasil underwriting, hasil investasi dan risk based capital terhadap laba perusahaan asuransi (vol. 7). www.idx.co.id.
Simatupang, S. D., & Atika, M. (2 C.E.). Pengaruh Stigma Negatif Asuransi Terhadap Produk Asuransi Syari’ah (Studi Kasus Nasabah PT Asuransi Jiwa Syari’ah Bumiputera). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 368–373.
Sukmana, Y. (2021). Disanksi OJK, Asuransi Jiwa Syari’ah Bumiputera Dilarang Melakukan Kegiatan Pemasaran Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Disanksi OJK, Asuransi Jiwa Syari’ah Bumiputera Dilarang Melakukan Kegiatan Pemasaran.” Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2021/11/26/142016226/disanksi-ojk-asuransi-jiwa-syari’ah-bumiputera-dilarang-melakukan-kegiatan
UMMI, A. (n.d.). Analisis Pengaruh Pengetahuan Asuransi Syari’ah Terhadap Ketertarikan Masyarakat Menjadi Nasabah Asuransi Syari’ah (Studi Kasus di Kelurahan Kadikaran Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Provinsi Banten). UIN SMH Banten.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian. c, 1–86.
Copyright (c) 2022 Indah Nur Hikmatus Shoumi, Ahmad Rofiyudin Kurniawan, Moh. Khoirur Roziqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.