TINGKAT EFEKTIVITAS PLATFROM DIGITAL TERHADAP PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keefektifan platform digital terhadap penghimpunan dana zakat. Penelitian ini menggunakan metode library research membandingkan, menganalisis, dan menyimpulkan penelitian-penelitian terdahulu. Dari hasil analisis BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) sejak menggunakan platfom digital dalam menghimpun dan mengoperasikan dana zakat mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan pembayaran zakat digital ini didukung dengan adanya metode pembayaran melalui e-commerce (Tokopedia, Bukalapak, Shopee,dan banyak lagi), e-wallet (gopay, ovo, dana, linkaja, linkaja syariah,dan banyak lagi), serta dapat juga melalui aplikasi mobile banking misalnya saja BSI melalui BSI Mobile. Analisis ini masih terbatas, sehingga penelitian ini diharapkan mampu dikaji lebih luas.
This research aims to analyze the level of effectiveness of digital platforms in collecting zakat funds. This research uses the library research method to compare, analyze and conclude previous research. From the analysis results of BAZNAS and the Amil Zakat Institute (LAZ), since using digital platforms in collecting and operating zakat funds there has been a significant increase. The increase in digital zakat payments is supported by the existence of payment methods via e-commerce (Tokopedia, Bukalapak, Shopee, and many more), e-wallet (Gopay, OVO, Dana, Linkaja, Linkaja Syariah, and many more), and can also be done via For example, BSI mobile banking applications via BSI Mobile. This analysis is still limited, so it is hoped that this research can be studied more widely.
Downloads
References
Assidiqi, U., Kasdi, A., IAIN Kudus, F., & Kudus, I. (2023). Analisis Perilaku Generasi Milenial Dalam Membayar Zakat Di Era Digital (Studi Kasus Mahasiswa Febi Iain Kudus Angkatan 2019). 1(1). Http://Jim.Ac.Id/Index.Php/Jebisku/Index
BAZNAS. (2020). BAZNAS Ajak Masyarakat Zakat Digital. BAZNAS. Https://Baznas.Go.Id/Press_Release/Baca/BAZNAS_Ajak_Masyarakat_Zakat_Digital/531
BAZNAS. (2021). Masa Pandemi 2020, Penghimpunan BAZNAS Naik 30 Persen. BAZNAS. Https://Baznas.Go.Id/Press_Release/Baca/Masa_Pandemi_2020,_Penghimpunan_BAZNA S_Naik_30_Persen/689
Hasanah, U. (2020). Analisis Potensi Penerimaan Zakat Melalui E-Commerce Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Islamic Social Finance Management, 2(1), 122–134. Https://Doi.Org/10.24952/Jisfim.V2i1.3925
Jamaludin, N., & Aminah, S. (2021). Efektifitas Digitalisasi Penghimpunan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang. Management Of Zakat And Waqf Journal (MAZAWA), 2(2), 180–208. Https://Doi.Org/10.15642/Mzw.2021.2.2.180-208
Maharani, A., & Rohim, A. N. (2022). Analisis Pemanfaatan Digital Fundraising Sebagai Strategi Mengoptimalkan Penghimpunan Zakat Penghasilan Pada Baznas DKI. Islamic Economics And Business Review, 1(1), 33–44.
Muhamad Abriyansyah, & Ade Nur Rohim. (2023). Analysis Of Factors Affecting Interest In Paying Zakat, Infaq, Sadaqa (ZIS) Through E-Wallets. International Journal Of Research In Business And Social Science (2147- 4478), 12(3), 216–230. Https://Doi.Org/10.20525/Ijrbs.V12i3.2562
Mulyono, S. H., Ayuniyyah, Q., & Ibdalsyah, I. (2022). Strategi Digital Fundraising Dalam Penghimpunan Dana Zakat: Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Global Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 67. Https://Doi.Org/10.29040/Jiei.V8i1.4346
Prastyo, D., & Rachmawati, I. D. (2023). Digitalization As A Strategy For Collecting Zakat, Infaq, Shadaqoh (ZIS) Funds
During The COVID-19 Pandemic By Lazismu East Java. Indonesian Journal Of Innovation Studies, 21, 1–12. Https://Doi.Org/10.21070/Ijins.V21i.747
Rahmawati, A. N., & Yuniarto, A. S. (2023). Analisis Strategi Digital Fundraising Zakat Dalam Meningkatkan Jumlah
Muzakki Studi Pada Lazismu Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Sakinah, K., & Ucu, K. R. (2018). Baznas Kembangkan Inovasi Digital Untuk Tingkatkan Zakat. REPUBLIKA. Https://Khazanah.Republika.Co.Id/Berita/P381kf282/Baznas-Kembangkan-Inovasi-Digital-Untuk-Tingkatkan-Zakat
Saputri, S. N., & Putri, Y. R. (2019). Strategi Komunikasi Organisasi Kitabisa.Com Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Communication. E-Proceeding Of Management, 6(2), 5393–5402.
Verdianti, V., & Puja, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Digitalisasi Zakat Terhadap Efektivitas Pengumpulan Zakat Pada Baznas Kalbar. AKTIVA: Journal Of Accountancy And Management, 1(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.24260/Aktiva.V1i1.992
Wulandari, A., & Aisyah, S. (2022). Analisis Digitalisasi Dalam Fundraishing Pengelola Zakat, Infaq Dan Sedekah (ZIS) Pada Laz Washal. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial (EMBISS), 3(1). Https://Embiss.Com/Index.Php/Embiss/Article/View/186
Yasmiartha, M. A. W. V. (2020). Pengaruh Fenomena Cashless Society Terhadap Gaya Hidup Masyarakat Di Jakarta. Edukasi IPS, 3(2), 10–15. Https://Doi.Org/10.21009/Eips.003.2.02
Copyright (c) 2025 Muhammad Aidul Ramadhan, Dika Wahid Hidayat, Fakhri Khusaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.