PENGEMBANGAN WIRAUSAHA DESA KEDUNGTURI MELALUI PERAN AKAD MUDHARABAH

  • Qurrotul Millah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Sri Wigati UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Keywords: Mudharabah contract, Development, Entrepreneur

Abstract

Every entrepreneurial development certainly experiences capital difficulties. Capital lending transactions, sharia principles can affect business development. The purpose of the study was to determine the role of the Mudharabah contract in entrepreneurial development in Kedungturi village and to introduce more deeply about the sharia contract, namely the Mudharabah contract. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. The results of the research on the role of the Mudharabah contract have a lot of influence on the development of entrepreneurship in the village of Kedungturi so that of course entrepreneurs who want to develop a business but cannot because of limited capital, the role of this mudharabah contract can help to develop a business into a big business.

ABSTRAK

Setiap pengembangan wirausaha tentu mengalami kesulitan modal. Transaksi pinjam modal, prinsip syariah bisa berpengaruh terhadap pengembangan usaha. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran akad Mudharabah dalam pengembangan wirausaha di desa Kedungturi dan mengenalkan lebih dalam mengenai akad dalam syariah yaitu akad Mudharabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian peran akad Mudharabah ini memberikan pengaruh yang banyak terhadap pengembangan wirausaha di desa kedungturi sehingga pastinya para wirausahawan yang ingin mengembangkan suatu usaha tetapi tidak bisa karena adanya keterbatan modal maka dengan adanya peran akad mudharabah ini bisa membantu untuk mengembangkan suatu usahanya menjadi usaha yang besar.
Kata kunci: Akad mudharabah, Pengembangan, Wirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Khalifah Muhammad, dkk. (2016). Perbandingan Zakat Produktif dan Zakat Konsumtif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik. Jurnal Al-Muzara’ah: Vol. 4.

Fatimah,T. (2016). Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Menghadapi Globalisasi. Jurnal Econosains, Volume 4 (2), 153.

Hakim, Abdul. (2017). Statistika Deskriptif. Yogyakarta: Ekonisia

Juliandi, Azuar dan Irfan. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif Untuk ilmu-ilmu bisnis, Bandung: CitaPustaka Media Perintis.

Kasmir. (2018). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Muhammad. (2018). Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: Upp Amp Ykpn.

Sudaryanto, Ragimun, R. R. W. (2016). Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas. In Kementerian Keuangan.

Suryabrata, S. (2015). Metode Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tjiptono, Fandy. (2015). Pembiayaan Syariah. Yogyakarta: Andi Officet.

Published
2021-12-31